Cegah Bertumbuhnya Rayap di Rumah Anda

  • Rayap tinggal di tempat gelap dan lembap
  • Rayap mampu merusak furniture berbahan kayu
  • Cegah berkembangnya rayap dengan kelembapan udara ideal

Kecil memang, namun rayap memiliki daya rusak yang cukup tinggi khususnya untuk perabotan berbahan kayu mulai dari furniture hingga tiang kayu penopang rumah. Apa sih sebenarnya rayap itu? Rayap adalah serangga yang hidup dalam koloni dan memiliki kemiripan dengan semut sehingga sering disebut white ant. Untuk hidup mereka tinggal tempat yang gelap dan lembab namun tetap hangat, sedangkan untuk makanan serangga ini membutuhkan jamur. Oleh karena itu, rayap seringkali membuat sarang  di lokasi kayu yang lembap dan banyak jamur.

Indonesia adalah negara tropis dengan tingkat kelembapan rata-rata tiap tahunnya adalah 70-80% RH (relative humidity). Jika cuaca sedang terus-menerus hujan seperti saat ini, maka tingkat kelembapan pun akan meningkat hingga 90%RH. Tingkat kelembapan yang tinggi seperti ini akan menjadi kondisi yang nyaman bagi para rayap untuk berkembang biak di perabotan kayu Anda. Untuk itu apabila Anda bisa mengontrol kelembapan udara di dalam ruangan, maka berkembangnya rayap bisa diredam.

Penggunaan alat penyerap lembap adalah salah satu solusi untuk mendapatkan kelembapan udara yang ideal. Dengan kelembapan yang ideal, bertumbuhnya rayap bisa dicegah. Ingat! Penggunaan dehumidifier adalah tindakan pencegahan dan bukan sebagai alat untuk menghilangkan rayap. Karena kelembapan udara yang tinggi tidak hanya menjadi kondisi ideal bagi rayap, tapi juga jamur yang notabene adalah makanan dari rayap. Jamur tidak hanya menjadi bahan konsumsi dari rayap dan merusak dinding rumah namun juga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan Anda.

Intinya, penggunaan dehumidifier di dalam ruangan adalah salah satu cara pintar untuk mendapatkan kenyamanan, kesehatan dan keamanan untuk Anda sekeluarga. Kenyamanan karena Anda tidak perlu merasa bau apek akibat lembap dan bernapas lebih lega karena kualitas udara terjamin. Gangguan pernapasan akibat timbulnya jamur seperti asma, alergi dan batuk bisa diatasi. Dinding, furniture bahkan tas dan sepatu bermerek Anda aman dari kerusakan karena udara lembap langsung diserap oleh dehumidifier.

Memilih dehumidifier pun harus yang tepat. Higienis menyarankan Anda untuk menggunakan penyerap lembap asal Swiss dari merek ternama Stadler Form dan Boneco. Albert dan Albert little hadir dengan desain yang kontemporer, cocok untuk Anda yang modern. Sedangkan Boneco D561 hadir dengan bodi kokoh dan desain simple. Untuk performa tak perlu diragukan, ketiga dehumidifier ini mampu menyerap uap air di udara hingga 25 liter per hari. (EFB/HI)

Leave a Reply

Required

Required, will not be published