Mengapa Dehumidifier Saya Tidak Mencapai Tingkat Kelembapan yang Diinginkan?

Posted on March 7, 2017 in category Asthma & Allergy, Dehumidifier, Featured, Health & Hygiene

Pertanyaaan ini seringkali dilontarkan oleh pengguna alat penyerap lembap. Kami akan mencoba menjelaskannya dengan secara sederhana. Anda tentunya memiliki AC di rumah bukan? Saat cuaca panas tentunya Anda akan memasangnya di suhu terendah misalnya 18 derajat celcius. Namun apakah suhu di dalam ruangan Anda menjadi sama dengan suhu yang disetel di AC? Terkadang tidak. Mengapa? Karena banyak faktor yang membuat suhu tersebut tidak seperti yang Anda inginkan.

Hal yang sama juga bisa terjadi pada dehumidifier Anda. Seperti contohnya, dehumidifier di-setting untuk tingkat kelembapan tertentu tapi angka di hygrometer tidak menunjukkan tingkat kelembapan yang diinginkan. Sebenarnya ada beberapa faktor yang memengaruhi tidak turunnya kelembapan udara di dalam ruangan Anda. Apa saja?

Pertama, apakah ruangan Anda tertutup? Jika Anda menaruh unit dehumidifier di ruang tamu atau keluarga dan pintu masuk atau keluar sering terbuka, maka akan sangat sulit bagi alat penyerap lembap untuk bekerja secara optimal. Karena saat unit berusaha untuk menyerap lembap, ada saja lagi uap air yang masuk dari luar. Akan lebih sulit saat musim hujan yang tingkat kelembapan di luar ruangan saja bisa menjadi sangat tinggi. Selanjutnya, misalnya ruangan Anda memiliki kelembapan yang tinggi dan sangat dekat dengan sumber kelembapan seperti kamar mandi, dapur untuk memasak atau ruang mencuci maka semakin tinggi aktivitas penggunaan air, semakin sulit pula untuk mendapatkan kelembapan udara yang diinginkan.

Salah satu faktor lainnya adalah luas ruangan. Jika penempatan unit berada di ruangan yang lebih besar dari luas ruangan yang disarankan, maka kemungkinan besar tingkat kelembapan yang diinginkan pun tidak akan tercapai. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan unit dehumidifier di dalam ruangan dengan luas yang di rekomendasikan.

Ruangan berkualitas udara baik adalah ruangan yang memiliki kebersihan, kelembapan dan sirkulasi udara yang baik. Untuk tingkat kelembapan ideal kami menyarankan Anda untuk meletakkan unit dehumidifier di lokasi dengan sirkulasi udara yang baik dan tidak terhalan sangat menyerap dan mengalirkan udara. Saat mengoperasikan, pastikan ruangan tertutup dan luas ruangan pun sesuai dengan rekomendasi sehingga kelembapan udara ideal pun bisa di dapatkan. (EFB/Higienis Indonesia)

Leave a Reply

Required

Required, will not be published